Sabtu, 20 Juni 2009

Jangan Kerja Larut Malam

Sebuah penelitian dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, jam kerja hingga larut malam meningkatkan peluang terserang kanker.

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa rata-rata penderita kanker prostat dan kanker payudara adalah mereka yang berkerja hingga larut malam. Selain itu, mereka yang bekerja shift pada malam hari juga mempunyai peluang lebih tinggi terserang kanker.

Bekerja hingga larut malam, terlebih bila sampai memotong waktu tidur, akan merusak ritme jantung dan fungsi biologis tubuh. Juga, bila tidak beristirahat di malam hari, tubuh akan secara aktif memproduksi hormon melatonin yang menjadi pemicu perkembangan tumor.

Pekerjaan pada malam hari sering membuat pola hidup seseorang terganggu. Selain itu, serangan insomnia secara teori juga dapat meningkatkan risiko terserang kanker. Tak hanya itu, sistem penerangan saat bekerja di malam hari diyakini menjadi salah satu penyebab kanker karena cahaya lampu ternyata mengeluarkan melatonin yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker. Selama ini diketahui sinar lampu dan sisa hasil pembakaran menjadi faktor yang mempermudah seseorang terserang kanker.

Pada beberapa studi, ditemukan bahwa wanita yang bekerja pada malam hari cenderung lebih mudah terserang kanker payudara. Sedangkan pada kaum pria, bekerja pada malam hari diketahui juga bisa mempertinggi peluang terserang kanker prostat. Hal itu juga didukung oleh kenyataan bahwa binatang malam lebih mudah terserang tumor dan lebih awal mati.
(Infosehat/dian)

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar